Prinsip Kerja Idle Up AC Mobil
Penggunaan AC Mobil tentu terasa membebani mesin terutama pada mesin berkapasitas kecil seperti 1300cc ke bawah, sehingga pada saat AC ON menjadikan putaran mesin turun(Drop) bahkan bisa juga mesin menjadi mati.
Untuk mengantisipasi agar mesin menjadi stabil saat AC Mobil ON/OFF maka di pergunakanlah otomasi Idle Up, dengan sistem meninggikan RPM stationer pada saat AC On agar RPM mesin tidak Drop/mati. Cara meninggikan RPM idle tentu bisa dilakukan dengan beberapa cara, untuk mobil karburasi umumnya masih menggunakan mekanik vacuum dan switch selenoid untuk membuka trotle karbu di saat AC ON, dengan memanfaatkan kevakuman mesin untuk menggerakkan trotle karbu. Dengan cara menarik tuas skep karburasi menggunakan tuas yang terhubung ke vakum yang di kontrol oleh VSV/ selenoid switch.
Pada mesin injeksi ada yang masih memanfaatkan air bypass (melewatkan udara bersih tanpa melalui trotle body alias langsung ke surge tank) ini banyak kita jumpai pada sistem mesin toyota corolla. untuk sistem Idle Up yang menggunakan otomasi berupa motor pengatur putaran idle (ISC=Idle Speed Control) yang di kontrol langsung oleh komputer(ECU) juga populer karena lebih canggih serta pengontrol sistem sudah full dari ecu(Ecu na dah pinter
) jadi Idle Up bekerja mengandalkan sensor masukan yang di terima dari sistem ac untuk memastikan bahwa sistem AC dalam kondisi ON.
1 komentar:
Om... itu foto vakum idle up untuk mesin mobil type apa???
Posting Komentar